Wednesday 12 November 2008

Penyakit Anak-anak

Cacar air
Chickenpox

Waktu terekspos sampai kena penyakit
2 sampai 3 minggu.
Gejala
Sedikit demam, pilek, dan ruam yang mulai
sebagai bintik-bintik merah muda yang melepuh
dan berkeropeng. Mungkin lebih parah bagi
wanita hamil dan anak-anak yang baru lahir.
Apakah anak saya harus tetap di rumah?
Ya, selama 5 hari setelah ruam mulai muncul dan
sampai semua lepuh telah berkeropeng.
Bagaimanakah saya dapat mencegah penularan?
Imunisasi tersedia bagi anak-anak yang berusia
18 bulan. Imunisasi ini dianjurkan bagi orang di
atas usia 12 tahun yang tidak mempunyai
kekebalan.

Konjungtivitis MATA MERAH
Conjunctivitis

Waktu terekspos sampai kena penyakit
1-3 hari.
Gejala
Mata terasa kasar menggatalkan, merah dan
mungkin berair. Kelopak mata mungkin terlekat
sewaktu bangun tidur.
Apakah anak saya harus tetap di rumah?
Ya, sewaktu ada lelehan dari mata.
Bagaimanakah saya dapat mencegah penularan?
Mencuci tangan dengan teliti; tidak menggunakan
handuk yang sama.
Antibiotik mungkin diperlukan.
Radang lambung dan usus

Gastroenteritis Radang Pada Lambung


Waktu terekspos sampai kena penyakit
Tergantung penyebabnya: beberapa jam sampai
beberapa hari.
Gejala
Kombinasi sering membuang hajat besar atau
berak berair, muntah, demam, sakit perut, sakit
kepala.
Apakah anak saya harus tetap di rumah?
Ya, sekurang-kurangnya selama 24 jam setelah
diare berhenti.
Bagaimanakah saya dapat mencegah penularan?
Mencuci tangan secara teliti dengan sabun dan
air setelah membuang hajat atau menyentuh
lampin dan sebelum menyentuh makanan.

Rubela
German measles (Rubella)

Waktu terekspos sampai kena penyakit
2 sampai 3 minggu.
Gejala
Seringkali gejala yang sederhana atau tiada
gejala, demam sederhana, pilek, kelenjar getah
bening yang bengkak, ruam merah muda selama
waktu yang singkat. Dapat menyebabkan
kecacatan lahir jika wanita hamil terkena infeksi.
Apakah anak saya harus tetap di rumah?
Ya, selama sekurang-kurangnya 4 hari setelah
ruam muncul.
Bagaimanakah saya dapat mencegah penularan?
Imunisasi (MMR) pada usia 12 bulan dan 4 tahun.

No comments:

Post a Comment